KUMPULAN SOAL DAN JAWABAN MANAJEMEN KINERJA
NAMA : CUT KHAIRIAH
NIM : 130410219
MK : MANAJEMEN KINERJA
JURUSAN : MANAJEMEN
1. Jelaskan
bagaimana yang dimaksud dengan manajemen kinerja menurut Baird dan Dessler?
Jawab:
Manajemen kinerja menurut Baird (1986)
yaitu suatu proses kerja dari kumpulan orang-orang untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan, dimana proses kerja ini berlangsung secara berkelanjutan dan
terus-menerus. Sedangkan, Menurut Dessler (2003:322) mendefinisikan sebagai
proses mengonsolidasikan penetapan tujuan, penilaian, dan pengembangan kinerja
kedalam satu sistem tunggal bersama, yang bertujuan memastikan kinerja karyawan
mendukung tujuan strategis perusahaan.
2. Sebutkan
dan jelaskan definisi dari kinerja dan apa tujuannya, !
Jawab
: Kinerja merupakan kegiatan pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi. Sedangkan tujuan adalah tentang arah secara umum, sifatnya
luas, tanpa batasan waktu dan tidak berkaitan dengan prestasi tertentu dalam
jangka waktu tertentu. Tujuan juga merupakan sebuah aspirasi.
3. Sebutkan
4 faktor yang mempengaruhi perilaku kerja?
Jawab :
·
Direction (arah)
·
Effort (usaha)
·
Persistence (ketekunan)
·
Planning (rencana)
4. Bagaimana
pandangan dasar sistem manajemen kinerja, sebutkan dan jelaskan!
Jawab:
Bacal (1998) mengungkapkan lima pandangan dasar dalam sistem manajemen,kinerja:
a. Model integratif untuk kinerja organisasi. Pada pandangan ini, manajemen kinerja sebagai suatu struktur sistem integratif yang saling berkesinambungan antar,aspek
b. Fokus pada proses dan hasil. Proses menjadi salah satu aspek penunjang yang penting,dalam,penentuan,hasil,yang,baik
c. Keterlibatan pihak yang berkaitan dalam pencapaian tujuan. keterlibatan pihak yang berkaitan (pekerja) menjadi penunjang dalam pencapaian.tujuan,organisasi.
d. Penilaian kinerja objektif dan mengena pada sasaran. Manajemen kinerja mencakup penilaian kinerja objektif dan sesuai dengan sasaran tiap bagian organisasi,yang,berkaitan.
e. Evaluasi dan pembelajaran antara atasan dan bawahan. Manajemen kinerja yang baik mampu menyediakan suatu hasil evaluasi kinerja terukur.
a. Model integratif untuk kinerja organisasi. Pada pandangan ini, manajemen kinerja sebagai suatu struktur sistem integratif yang saling berkesinambungan antar,aspek
b. Fokus pada proses dan hasil. Proses menjadi salah satu aspek penunjang yang penting,dalam,penentuan,hasil,yang,baik
c. Keterlibatan pihak yang berkaitan dalam pencapaian tujuan. keterlibatan pihak yang berkaitan (pekerja) menjadi penunjang dalam pencapaian.tujuan,organisasi.
d. Penilaian kinerja objektif dan mengena pada sasaran. Manajemen kinerja mencakup penilaian kinerja objektif dan sesuai dengan sasaran tiap bagian organisasi,yang,berkaitan.
e. Evaluasi dan pembelajaran antara atasan dan bawahan. Manajemen kinerja yang baik mampu menyediakan suatu hasil evaluasi kinerja terukur.
5. Jelaskan
apa saja tahap-tahap yang ada dalam manajemen kinerja organisasi!
Jawab:
·
Perencanaan kinerja, Perencanaan berarti
menetapkan harapan kinerja dan tujuan bagi kelompok dan individu untuk
menyalurkan upaya mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
·
Pengelolaan kinerja, Perlu juga diperhatikan gaya manajemen yang paling
efektif , yang berbeda untuk setiap bagian, namun bertujuan sama yakni
membekali individu dengan kekuatan sehingga dapat membuat keputusan sesuai
dengan kemampuannya.
·
Evaluasi kinerja, Proses ini
dilaksanakan pada setiap karyawan dan setiap pegawai berhak mengetahui
bagaimana kinerja mereka dan manajemen berkewajiban memberi tahu mereka.
·
Reward & punishment, Reward
& punishment
diberikan setelah melihat hasil realisasi kinerja, apakah sesuai dengan key performance indicator yang telah
direncanakan atau belum.
6. Sebutkan
beberapa alasan yang dibutuhkan manajemen kinerja yang terdapat dalam tujuan dan
manfaat kinerja organisasi!
Jawab: Beberapa alasan yang dibutuhkan manajemen
kinerja yang terdapat dalam tujuan dan manfaat kinerja organisasi yaitu:
§ Setiap karyawan ingin memiliki
penghasilan yang tinggi
§ Setiap karyawan ingin memiliki
keahlian sesuai bidangnya
§ Setiap karyawan ingin berkembang
karirnya
§ Kewajiban bagi pimpinan untuk
meningkatkan penghasilan karyawan
§ Kewajiban bagi pimpinan untuk
meningkatkan kinerja karyawan
§ Setiap karyawan ingin mendapatkan
perlakuan adil atas hasil kerjanya
§ Bagi yang berprestasi berhak
memperoleh penghargaan dan bagi yang
melanggar aturan wajib diberi sangsi
§ Setiap institusi ingin bekerja
secara efektif, efisien dan produktif, Berakibat positif atau negatif
tergantung dari kebijakan institusinya.
7. Apa
yang dimaksud dengan Standar kinerja?
Jawab
: Standar kinerja adalah kondisi yang akan terjadi ketika segmen set standar
untuk semua jenis pekerjaan tertentu, bukan satu set untuk setiap orang yang
melakukan pekerjaan tertentu.
8. Jelaskan
apa yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan agar rencana strategis
menjadi efektif dalam mendefinisikan
lingkup produk atau jasa?
Jawab: Agar rencana starategis menjadi efektif,
tentu manajemen perusahaan harus jelas mendefinisikan lingkup organisasi
mereka, yaitu bisnis yang telah beroperasi dan bisnis baru untuk
berpartisipasi. Begitu pula tentang mendefinisikan lingkup dengan terlalu
sempit perusahaan akan melewatkan peluang dan apabila terlalu luas, akan
melemahkan aktivitasnya.
9. Jelaskan
dan sebutkan tentang prinsip dasar manajemen kinerja. Jelaskan secara singkat!
Jawab:
Prinsip-prinsip dasar manajemen kinerja yaitu sebagai berikut:
a.
Kejujuran, Kejujuran tampak dari komunikasi umpan balik yang jujur
antara atasan dan bawahan.
b. Pelayanan,
Setiap aspek dalam proses kinerja harus memberikan pelayanan maksimal kepada
semua stakeholder, yaitu pekerja, manajer, pemilik dan pelanggan..
c. Bermain,
prinsip bermain bermakna seseorang mendapatkan kepuasan dari apa yang
dikerjakan.
d. Rasa kasihan,
Rasa kasihan berarti saling memahami dan empati terhadap sesama.
e. Perumusan tujuan,
Manajemen kinerja dimulai dengna menetapkan tujuan yang hendak dicapai dengan
menyesuaikan jenjang organsisasi.
f. Konsensus dan kerja sama,
Manjemen kinerja sangat mengandalkan konsensus dan kerja sama terhadap sesama
unsur organisasi (atasan dan bawahan) dan tidak menekankan kontrol dan paksaan.
g. Berkelanjutan,
Manajemen kinerja butuh konsistensi (proses secara terus menerus),
berkelanjutan dan memerlukan perbaikan dari waktu ke waktu.
h. Komunikasi dua arah,
Terapkan sifat terbuka dan jujur serta berusahan menciptakan komunikasi dua
arah antara atasan dan bawahan.
i.
Umpan balik, Umpan balik memungkinkan dalam perbaikan
pengalaman dan pengetahuan oleh setiap unsur organisasi.
10. Sebutkan
dan jelaskan unsur-unsur dalam suatu kinerja!
Jawab
: Sebagai sasaran tentu mencakup beberapa unsur di antaranya.
a. The
performers, yaitu yang menjalankan kinerja
b. The
action atau performance, yaitu tentang tindakan atau kinerja yang dilakukan
oleh performers
c. A
time element, menunjukkan waktu kapan pekerjaan dilakukan
d. An
evaluation method, tentang cara penilaian bagaimana hasil pekerjaan dapat dicapai:dan
e. The
place, menunjukkan tempat dimana pekerjaan dilakukan.
11. Sebutkan
proses perencanaan strategis?
Jawab
: proses perencanaan strategis
a. Mendefinisikan
tujuan
b. Mendefinisikan
lingkup produk/jasa
c. Menilai
sumber daya internal
d. Menilai
lingkungan eksternal
e. Menganalisis
pengaturan internal
f. Menilai
keuntungan kompetitif
g. Mengembangkan
strategi kompetitif
h. Mengkomunikasikan
strategi dengan stakeholder
i.
Mengimplementasikan strategi
j.
Mengevaluasi manfaat
12. Sebutkan
macam-macam penetapan sasaran kinerja?
Jawab
: Macam-macam penetapan sasaran kinerja yaitu sebagai
berikut:
·
Penjualan
·
Pelayanan pelanggan
·
Manufacturing
·
Pemasaran
·
Administrasi/derical
13. Bagaimana
menurutmu apakah Penting kesepakatan kinerja?
Jawab:
Sangat penting, karena kesepakatan kinerja merupakan kontrak kinerja antara
pekerja dengan manager yang disebut Personal contract. Antara manager dan
pekrja harus sepakat tentang tujuan dan standar yang harus dicapai dan menjadi
komitmen untuk menjalankan.
14. Jelaskan
beberapa solusi dalam mengatasi permasalahan mengenai pelaksanaan manajemen
kinerja?
Jawab
: Adapun solusi terhadap permasalahan mengenai tantangan pelaksanaan
manajemen kinerja adalah:
1. Menanamkan
dalam diri manajer maupun karyawan bahwa manajemen kinerja sangat urgen atau
penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja baik manajer maupun
kayawan.
2. Mengetahui dan
Memahami manfaat manajemen kinerja, yaitu meningkatkan disiplin kerja baik
manajer maupun karyawan.
3. Tidak menganggap manajemen kinerja sebagai beban,
namun sebaliknya menganggap manajemen kinerja sebagai kebutuhan bagi sebuah
perusahaan.
15. Jelaskan kriteria keberhasilan
manajemen kinerja?
Jawab:
1. Proses manajemen
kinerja telah memungkinkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh individu
dari pekerjaan dapat dipergunakan untuk memodifikasi tujuan organisasi.
2. Proses
penyelenggaraan manajemen kinerja dapat disesuaikan dengan pekerjaan sebenarnya
dari organisasi dan bagaimana kinerja pada umumnya dikelola.
3. Manajemen
kinerja dapat memberi nilai tambah dalam bentuk hasil jangka pendek maupun
pengembangan jangka panjang.
4. Proses
manajemen kinerja berjalan secara transparan dan bekerja secara jujur dan adil.
5. Pendapat
stakeholder diperhatikan tentang seberapa baik skemanya berjalan dan tindakan
diambil sesuai keperluan untuk memperbaiki berbagai proses
Komentar
Posting Komentar