KUMPULAN SOAL DAN JAWABAN MANAJEMEN KINERJA



NAMA            : CUT KHAIRIAH
NIM                : 130410219
MK                  : MANAJEMEN KINERJA
JURUSAN      : MANAJEMEN
1.      Jelaskan bagaimana yang dimaksud dengan manajemen kinerja menurut Baird dan Dessler?
Jawab: Manajemen kinerja  menurut Baird (1986) yaitu suatu proses kerja dari kumpulan orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dimana proses kerja ini berlangsung secara berkelanjutan dan terus-menerus. Sedangkan, Menurut Dessler (2003:322) mendefinisikan sebagai proses mengonsolidasikan penetapan tujuan, penilaian, dan pengembangan kinerja kedalam satu sistem tunggal bersama, yang bertujuan memastikan kinerja karyawan mendukung tujuan strategis perusahaan.
2.      Sebutkan dan jelaskan definisi dari kinerja dan apa tujuannya, !
Jawab : Kinerja merupakan kegiatan pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan adalah tentang arah secara umum, sifatnya luas, tanpa batasan waktu dan tidak berkaitan dengan prestasi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Tujuan juga merupakan sebuah aspirasi.
3.      Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi perilaku kerja?
            Jawab :
·         Direction (arah)
·         Effort (usaha)
·         Persistence (ketekunan)
·         Planning (rencana)

4.      Bagaimana pandangan dasar sistem manajemen kinerja, sebutkan dan jelaskan!
Jawab: Bacal (1998) mengungkapkan lima pandangan dasar dalam sistem manajemen,kinerja:
a. Model integratif untuk kinerja organisasi. Pada pandangan ini, manajemen kinerja sebagai suatu struktur sistem integratif yang saling berkesinambungan antar,aspek
b. Fokus  pada proses dan hasil. Proses menjadi salah satu aspek penunjang yang penting,dalam,penentuan,hasil,yang,baik
c. Keterlibatan  pihak  yang berkaitan dalam pencapaian tujuan. keterlibatan pihak yang berkaitan (pekerja) menjadi penunjang dalam pencapaian.tujuan,organisasi.
d. Penilaian kinerja objektif dan mengena pada sasaran. Manajemen kinerja mencakup penilaian kinerja objektif dan sesuai dengan sasaran tiap bagian organisasi,yang,berkaitan.
e. Evaluasi dan pembelajaran antara atasan dan bawahan. Manajemen kinerja yang baik mampu menyediakan suatu hasil evaluasi kinerja terukur.
5.      Jelaskan apa saja tahap-tahap yang ada dalam manajemen kinerja organisasi!
Jawab:
·         Perencanaan kinerja, Perencanaan berarti menetapkan harapan kinerja dan tujuan bagi kelompok dan individu untuk menyalurkan upaya mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
·         Pengelolaan kinerja, Perlu juga diperhatikan gaya manajemen yang paling efektif , yang berbeda untuk setiap bagian, namun bertujuan sama yakni membekali individu dengan kekuatan sehingga dapat membuat keputusan sesuai dengan kemampuannya.
·         Evaluasi kinerja, Proses ini dilaksanakan pada setiap karyawan dan setiap pegawai berhak mengetahui bagaimana kinerja mereka dan manajemen berkewajiban memberi tahu mereka.
·         Reward & punishment, Reward & punishment diberikan setelah melihat hasil realisasi kinerja, apakah sesuai dengan key performance indicator yang telah direncanakan atau belum.

6.      Sebutkan beberapa alasan yang dibutuhkan manajemen kinerja yang terdapat dalam tujuan dan manfaat kinerja organisasi!
Jawab:  Beberapa alasan yang dibutuhkan manajemen kinerja yang terdapat dalam tujuan dan manfaat kinerja organisasi yaitu:
§  Setiap karyawan ingin memiliki penghasilan yang tinggi
§  Setiap karyawan ingin memiliki keahlian sesuai bidangnya
§  Setiap karyawan ingin berkembang karirnya
§  Kewajiban bagi pimpinan untuk meningkatkan penghasilan karyawan
§  Kewajiban bagi pimpinan untuk meningkatkan kinerja karyawan
§  Setiap karyawan ingin mendapatkan perlakuan adil atas hasil kerjanya
§  Bagi yang berprestasi berhak memperoleh penghargaan dan bagi yang  melanggar aturan wajib diberi sangsi
§  Setiap institusi ingin bekerja secara efektif, efisien dan produktif, Berakibat positif atau negatif tergantung dari kebijakan institusinya.

7.      Apa yang dimaksud dengan Standar kinerja?
Jawab : Standar kinerja adalah kondisi yang akan terjadi ketika segmen set standar untuk semua jenis pekerjaan tertentu, bukan satu set untuk setiap orang yang melakukan pekerjaan tertentu.
8.      Jelaskan apa yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan agar rencana strategis menjadi efektif  dalam mendefinisikan lingkup produk atau jasa?
Jawab:  Agar rencana starategis menjadi efektif, tentu manajemen perusahaan harus jelas mendefinisikan lingkup organisasi mereka, yaitu bisnis yang telah beroperasi dan bisnis baru untuk berpartisipasi. Begitu pula tentang mendefinisikan lingkup dengan terlalu sempit perusahaan akan melewatkan peluang dan apabila terlalu luas, akan melemahkan aktivitasnya.
9.      Jelaskan dan sebutkan tentang prinsip dasar manajemen kinerja. Jelaskan secara singkat!
Jawab: Prinsip-prinsip dasar manajemen kinerja yaitu sebagai berikut:
a.       Kejujuran, Kejujuran tampak dari komunikasi umpan balik yang jujur antara atasan dan bawahan.
b.      Pelayanan, Setiap aspek dalam proses kinerja harus memberikan pelayanan maksimal kepada semua stakeholder, yaitu pekerja, manajer, pemilik dan pelanggan..
c.       Bermain, prinsip bermain bermakna seseorang  mendapatkan kepuasan dari apa yang dikerjakan.
d.      Rasa kasihan, Rasa kasihan berarti saling memahami dan empati terhadap sesama.
e.       Perumusan tujuan, Manajemen kinerja dimulai dengna menetapkan tujuan yang hendak dicapai dengan menyesuaikan jenjang organsisasi.
f.       Konsensus dan kerja sama, Manjemen kinerja sangat mengandalkan konsensus dan kerja sama terhadap sesama unsur organisasi (atasan dan bawahan) dan tidak menekankan kontrol dan paksaan.
g.      Berkelanjutan, Manajemen kinerja butuh konsistensi (proses secara terus menerus), berkelanjutan dan memerlukan perbaikan dari waktu ke waktu.
h.      Komunikasi dua arah, Terapkan sifat terbuka dan jujur serta berusahan menciptakan komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan.
i.        Umpan balik, Umpan balik memungkinkan dalam perbaikan pengalaman dan pengetahuan oleh setiap unsur organisasi.
10.  Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur dalam suatu kinerja!
Jawab : Sebagai sasaran tentu mencakup beberapa unsur di antaranya.
a.       The performers, yaitu yang menjalankan kinerja
b.      The action atau performance, yaitu tentang tindakan atau kinerja yang dilakukan oleh performers
c.       A time element, menunjukkan waktu kapan pekerjaan dilakukan
d.      An evaluation method, tentang cara penilaian bagaimana hasil pekerjaan dapat dicapai:dan
e.       The place, menunjukkan tempat dimana pekerjaan dilakukan.
11.  Sebutkan proses perencanaan strategis?
Jawab : proses perencanaan strategis
a.       Mendefinisikan tujuan
b.      Mendefinisikan lingkup produk/jasa
c.       Menilai sumber daya internal
d.      Menilai lingkungan eksternal
e.       Menganalisis pengaturan internal
f.       Menilai keuntungan kompetitif
g.      Mengembangkan strategi kompetitif
h.      Mengkomunikasikan strategi dengan stakeholder
i.        Mengimplementasikan strategi
j.        Mengevaluasi manfaat
12.  Sebutkan macam-macam  penetapan sasaran kinerja?
Jawab :  Macam-macam  penetapan sasaran kinerja yaitu sebagai berikut:
·         Penjualan
·         Pelayanan pelanggan
·         Manufacturing
·         Pemasaran
·         Administrasi/derical
13.  Bagaimana menurutmu apakah Penting kesepakatan kinerja?
Jawab: Sangat penting, karena kesepakatan kinerja merupakan kontrak kinerja antara pekerja dengan manager yang disebut Personal contract. Antara manager dan pekrja harus sepakat tentang tujuan dan standar yang harus dicapai dan menjadi komitmen untuk menjalankan.
14.  Jelaskan beberapa solusi dalam mengatasi permasalahan mengenai pelaksanaan manajemen kinerja?
Jawab : Adapun solusi terhadap permasalahan mengenai tantangan pelaksanaan manajemen kinerja adalah:
1.      Menanamkan dalam diri manajer maupun karyawan bahwa manajemen kinerja sangat urgen atau penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja baik manajer maupun kayawan.
2.      Mengetahui dan Memahami manfaat manajemen kinerja, yaitu meningkatkan disiplin kerja baik manajer maupun karyawan.
3. Tidak menganggap manajemen kinerja sebagai beban, namun sebaliknya menganggap manajemen kinerja sebagai kebutuhan bagi sebuah perusahaan.
15.  Jelaskan kriteria keberhasilan manajemen kinerja?
Jawab:
1. Proses manajemen kinerja telah memungkinkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh individu dari pekerjaan dapat dipergunakan untuk memodifikasi tujuan organisasi.
2.   Proses penyelenggaraan manajemen kinerja dapat disesuaikan dengan pekerjaan sebenarnya dari organisasi dan bagaimana kinerja pada umumnya dikelola.
3.   Manajemen kinerja dapat memberi nilai tambah dalam bentuk hasil jangka pendek maupun pengembangan jangka panjang.
4.   Proses manajemen kinerja berjalan secara transparan dan bekerja secara jujur dan adil.
5.  Pendapat stakeholder diperhatikan tentang seberapa baik skemanya berjalan dan tindakan diambil sesuai keperluan untuk memperbaiki berbagai proses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN MANJEMEN KINERJA

makalah keuangan internasional